Loading...

Cegah DBD, Dinkes Kota Cimahi Minta Masyarakat Rutinkan PSN

Rano Hardiana 25 Maret 2024 1825 kali dilihat
Bagikan:
Cegah DBD, Dinkes Kota Cimahi Minta Masyarakat Rutinkan PSN

CIMAHI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk merutinkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Hal itu dilakukan untuk mencegah tumbuhnya nyamuk aedes aegypti yang merupakan penyebar demam berdarah dengue (DBD).

"Saya titip, imbau kepada masyarakat lakukan 3M itu, kemudian PSN," imbuh Kepala Dinkes Kota Cimahi Mulyati, Kamis (21/3/2024).

Dirinya membeberkan, kasus DBD di Kota Cimahi diawal tahun ini memang mengalami peningkatan. Tercatat sudah ada 265 kasus yang tercatat yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Cimahi. Penyebab naiknya kasus DBD awal Januari tahun ini

Dimana curah hujan yang tidak menentu menyebabkan timbulnya banyak genangan-genangan air yang menjadi tempat tumbuhnya jentik nyamuk aedes aegypti.

"Hal ini karena curah hujan tidak menentu, sehingga bisa meninggalkan genangan yang dipakai sebagai tempat sarang nyamuk," kata Mulyati.

Mulyati juga meminta masyarakat menerapkan 3 M, yaitu menguras tempat atau wadah penampung air, menutup temapt-tempat penampungan air, dan menimbun barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat penampungan air menggenang.

Dirinya juga meminta jika warga merasakan demam khususnya anak-anak segera diperiksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). "Saya juga titip pesan kalau ada anak yang memiliki gejala panas segera bawa ke fasyankes," ujarnya.