Loading...

Peminat Tinggi, Penghuni Rusunawa Cimahi Harus Sesuai Kriteria

Rano Hardiana 31 Juli 2024 1400 kali dilihat
Bagikan:
Peminat Tinggi, Penghuni Rusunawa Cimahi Harus Sesuai Kriteria
CIMAHI.- Daya minat masyarakat untuk menyewa di rumah susun sewa (rusunawa) Kota Cimahi sangat tinggi. Namun, dilakukan pembatasan sesuai kriteria dan ketentuan agar layanan tersebut tepat sasaran. PJ. Walikota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, penghuni rusunawa ditetapkan bagi masyarakat dengan kemampuan  ekonomi menengah ke bawah.

"Rusunawa ini diperuntukan bagi mereka yang memang pendapatannya memungkinkan untuk membayar rusun sebelum memiliki rumah sendiri," ujarnya.

Lokasi rusunawa di Kota Cimahi yaitu Rusunawa Cigugur, Rusunawa Cibeureum, dan Rusunawa Leuwigajah. "Di rusunawa ada klaster dengan biaya sewa yang bervariasi. Jadi masyarakat yang menghuni dilihat sesuai kemampuan ekonominya menempati tipe kamar sesuai klaster. Prioritasnya warga Cimahi," katanya.

Para penghuni rusunawa diberikan kesempatan menyewa selama 3 tahun. Mereka harus memberi kesempatan bagi warga lain yang ingin menghuni rusunawa. "Setelah itu harus bergantian dengan penghuni lain, karena sudah antri," tuturnya.

Pihaknya juga akan melakukan pemberdayaan penghuni rusun. "Kemudian pemberdayaan dilibatkan untuk pengelolaan sampah sehingga menghasilkan pendapatan bagi penghuni. Jadi warga tidak hanya menempati rusun, kita upayakan mereka juga dapat kita berdayakan untuk ekonomi maupun sosialnya. Harapannya setidak-tidaknya punya alternatif penghasilan untuk menyicil rumah misalnya, sehingga bisa pindah dari rusunawa dan ke depan memiliki hunian pribadi" tandasnya.**