Loading...

7 Bahan Alami Ini Bikin Kulit Wajah Sehat dan Cerah

Administrator 17 September 2018 202789 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Setiap wanita ingin memiliki kulit wajah yang tidak hanya cantik, tapi juga sehat dan cerah alami. Namun, paparan sinar inframerah dan ultraviolet dari matahari tidak bisa dihindari. Kedua sinar ini dapat menyebabkan kulit kering, timbulnya bercak coklat, kusam, pigmentasi, bahkan kanker kulit.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak wanita tidak segan merogoh dompetnya untuk mengembalikan kondisi kulit wajah menjadi normal atau mempertahankan kesehatannya. Misalnya, datang ke klinik perawatan kulit wajah yang ditangani langsung oleh dokter ahli atau menggunakan satu paket skin care dengan harga yang cukup mahal.

Tahukah Anda bahwa ada bahan alami di sekitar kita yang dapat mengembalikan kesehatan kulit wajah? Bahan-bahan ini dapat melembabkan dan mencerahkan kulit kering serta kusam tanpa efek samping yang membahayakan. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan bahan alami menjadi masker wajah. Treatment dengan bahan alami dapat dilakukan di rumah serta ekonomis. 

Nah, bahan alami apa saja yang bisa dijadikan masker ini? Kita simak ulasan berikut ini, yuk!

7 Bahan Alami yang Bikin Wajah Sehat dan Cerah Alami

1) Alpukat
Selain dibuat jus, alpukat dapat digunakan sebagai masker wajah. Alpukat mengandung vitamin A, C, dan E, niasin, kalium, protein, dan asam folat yang dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen. Kolagen inilah yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Untuk membuatnya, campurkan 1 buah alpukat, 2 sendok the madu, ½ cangkir yoghurt, dan 1 sendok teh perasan jeruk nipis atau lemon.

2) Air Jeruk Nipis atau Lemon
Air ini mempunyai sifat astringen, bermanfaat untuk memperkecil pori-pori sehingga kulit nampak lebih halus. Jeruk ini mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan, disinfektan, serta antibiotik. Sedangkan madu sebagai campurannya mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Masker ini dibuat dengan cara mencampurkan setengah sendok makan perasan jeruk nipis atau lemon dan setengah sendok makan madu.

3) Minyak Zaitun
Minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk membuat masker yang berguna untuk melembutkan dan mencerahkan wajah. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dan setengah sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon. 

4) Kuning Telur
Ingin memiliki wajah lembut? Tidak perlu bingung, Anda bisa menggunakan bahan yang ada di dapur. Salah satunya, Anda bisa mencoba masker kuning telur. Campurkan 1 butir kuning telur ayam dengan setengah sendok makan madu hingga rata. 

5) Masker Madu
Madu dikenal memiliki banyak khasiat. Bukan hanya untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Masker dari bahan utama madu bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Ambil dua sendok teh madu, lalu campurkan dengan setengah sendok teh bubuk kayu manis dan seperempat sendok teh bubuk pala. Masker madu siap untuk digunakan.

6) Lidah Buaya
Siapa tak kenal tanaman yang satu ini? Selain bisa dikonsumsi, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kecantikan, lo. Salah satunya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Anda hanya membutuhkan kira-kira 1 sendok teh getah lidah buaya, dua sendok teh air mawar, dan seperempat sendok the bubuk kunyit. Campur secara merata, kemudian gunakan sebagai masker.

7) Mentimun
Mentimun dapat dimanfaatkan sebaga scrub. Caranya, ambil sebuah mentimun, buang isinya, kemudaian hancurkan bersama oatmeal dan yoghurt. Aplikasikan ke seluruh permukaan wajah, diamkan beberapa saat. Setelah mengering, usapkan secara berputar sebagai scrub. 

Untuk menggunakan masker, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan sabun wajah sesuai jenis kulit, lalu beri toner. Selanjutnya, aplikasikan masker alami yang sudah Anda buat ke seluruh wajah, kecuali daerah mata. Setelah didiamkan selama kurang lebih sepuluh menit, bersihkan masker dengan air hangat suam-suam kuku, lalu cuci muka dengan air biasa.

Memiliki kulit wajah yang cantik, sehat, dan cerah, tidak selalu harus memakai produk yang mengandung bahan kimia atau berharga mahal. Dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita, Anda dapat melakukan treatment masker wajah secara rutin dan berkesinambungan sehingga menghasilkan kulit wajah yang Anda idamkan. (AH)

image source: https://pixabay.com/en/sunblock-skincare-healthy-skin-1461397/