Loading...

Ini Dia 7 Manfaat Memberi ASI bagi Kesehatan Ibu

Administrator 31 Oktober 2018 48133 kali dilihat
Bagikan:
Ini Dia 7 Manfaat Memberi ASI bagi Kesehatan Ibu
Pemberian ASI eksklusif pada bayi selama enam bulan pertama memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya adalah kolustrum, yaitu air susu ibu yang pertama kali keluar sesaat setelah melahirkan. Kolustrum ini berupa cairan kuning yang sarat nutrisi dan antibodi untuk melindungi bayi dari infeksi. Selain itu, kolostrum juga dapat membantu sistem pencernaan bayi agar berfungsi dengan baik.

Kolustrum akan berubah menjadi ASI matang sekitar hari ketiga atau kelima. Air susu ibu yang matang sarat nutrisi sesuai kebutuhan tubuh bayi untuk tumbuh kembangnya kelak. Air susu yang diproduksi langsung dari tubuh ibu mempunyai kandungan air, protein, lemak, dan gula. Jumlah komposisinya tepat untuk bayi tumbuh dan berkembang dengan optimal. Susu formula, sekomplit apa pun nutrisinya, tidak dapat menyamai ASI. 

Ternyata, ASI tidak hanya bermanfaat bagi si bayi, tapi juga ibunya. Sudah tahukah Anda apa saja manfaat ASI bagi ibu yang menyusui?

Menunda Kembalinya Kesuburan
Hormon yang memproduksi ASI dapat mengurangi hormon pembentuk proses ovulasi. Dampaknya, ibu tidak mengalami masa haid atau cuti haid. Lama tidaknya masuk masa haid tergantung dari kondisi hormon masing-masing. Ada yang cuti haidnya hanya 3 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang sampai anak berdua tahun. Jadi, dapat dikataakan, menyusui adalah kontrasepsi alami untuk menjaga jarak kelahiran yang aman.

Rahim Lebih Cepat Kembali ke Ukuran Normal 
Dua minggu pascapersalinan, rahim mulai menyusut dan turun ke daerah panggul lebih cepat. Hal ini akan mengurangi pendarahan setelah melahirkan. Nah, pada minggu ke-4, rahim mulai kembali pada ukuran awal. Proses ini disebut involusi rahim.

Naluri Keibuan Meningkat
Secara psikologis, proses menyusui akan memberikan efek yang sangat baik bagi ibu dan anak. Menyusui membuat ibu lebih percaya diri dan dan ikatan emosional antara ibu dengan bayi menjadi lebih kuat. 

Berat Badan Kembali dengan Cepat
Aktivitas ibu setiap hari mengurus bayi, mulai dari bangun tidur sampai hendak tidur, adalah salah satu aktivitas yang membutuhkan energi yang cukup besar. Secara alami, jika badan banyak bergerak, energi yang dikeluarkan juga akan besar.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, menyusui bayi paling tidak selama enam bulan pertama dengan ASI eksklusif dapat menurunkan risiko terkena kanker endometrium hingga 11 persen. Hal ini tetap berlaku meskipun sang ibu mempunyai riwayat garis keluarga pernah terjangkit kanker rahim.

Penelitian tersebut memang tidak membuktikan bahwa menyusui dapat melindungi perempuan dari risiko kanker, baik kanker serviks, payudara, maupun kanker ovarium. Namun, hal ini masuk akal karena pertumbuhan jenis kanker tersebut distimulasi oleh hormon prolaktin dan oksitosin yang dapat ditekan dengan menyusui.

Mengurangi Risiko Osteoporosis dan Patah Tulang
Salah satu nutrisi yang keluar bersama ASI adalah kalsium yang langsung didapatkan dari massa tulang ibu. Agar kalsium harian tetap terpenuhi, maka ibu harus melakukan pola hidup sehat. Di antaranya adalah dengan berolahraga yang cukup sesuai kebutuhan, mengonsumsi makanan yang sarat kalsium, seperti brokoli, produk susu rendah lemak, tahu, salmon, ikan laut, jagung. Makanan lainnya adalah yaitu roti, sereal, jus jeruk, atau ditambah suplemen. Dengan demikian, ibu terhindar dari osteoporosis dan patah tulang

Mengurangi Insulin bagi Ibu Menyusui Penderita Diabetes
Ada dua jenis Diabetes Melitus atau DM, yaitu Tipe 1 dan Tipe 2. Biasanya, penderita DM Tipe 1 bergantung pada insulin, sedangkan DM Tipe 2 tidak. Saat hamil, seorang ibu bisa juga mengalami kondisi diabetes temporer. Diabetes hanya terjadi selama masa kehamilan dan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan atau dikenal dengan DM gestasional. Hormon oksitosin yang dilepas selama ibu menyusui dapat menghilangkan stres yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah.
 
Demikianlah tujuh manfaat memberikan ASI secara secara eksklusif bagi ibu. Bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga psikologis. Jadi, selama tidak ada kendala, jangan ragu untuk menyusui bayi Anda, ya! (AH)

image source: https://pxhere.com/en/photo/713976