Loading...

Inilah Empat Kuliner Khas Kota Cimahi Yang Wajib Dicoba

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 19 Desember 2022 8361 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Meskipun memiliki luas wilayah yang tergolong kecil, dan nama kota yang masih belum seterkenal tetangganya Kota Bandung, Kota Cimahi ternyata memiliki beberapa panganan yang menjadi ciri khas tersendiri dari kota yang berusia 21 tahun tersebut.

Jika membahas mengenai makanan, maka tidak akan ada habisnya karena Indonesia memiliki banyak wilayah,  suku serta keberagaman lainnya mulai dari sumber daya alam seperti rempah-rempah hasil pertanian dan hasil laut membuat banyak sekali makanan khas yang diciptakan oleh setiap daerah tak terkecuali Kota Cimahi.

Makanan yang dihasilkan setiap daerah sebetulnya bisa saja sama dengan daerah lainnya,  baik dari segi bahan serta proses pembuatannya.

Namun tentu saja ada beberapa perbedaan baik itu dari segi nama ataupun dari segi cita rasa yang dihasilkan oleh makanan tersebut.

Berikut adalah beberapa makanan khas yang terdapat di kota Cimahi yang bisa menjadi rekomendasi makanan jika sedang berkunjung ke kota tersebut.

1. Dendeng Jantung Pisang (Denjapi)

Denjapi adalah dendeng yang terbuat dari jantung pisang. Dendeng yang biasanya terbuat dari daging dicoba untuk dibuat menggunakan bahan lainnya seperti jantung pisang, bahan yang biasanya jarang dimanfaatkan atau hanya diolah dengan cara yang itu-itu saja kini diubah dan dikreasikan. Bentuk dan rasanya hampir mirip dengan dendeng dari daging yaitu persegi, tipis, berserat, warnanya yang kecoklatan, rasanya yang manis dan perpaduan rempah yang tajam.

Denjapi bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin mencicipi dendeng dengan rasa yang baru atau untuk kamu yang tidak suka akan daging, cocok ni untuk mencoba denjapi khas Cimahi. Jantung pisang yang biasanya jarang dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja sekarang diolah menjadi makanan bagi masyarakat, dengan dicampurkan dengan berbagai rempah dapat menjadi alternatif lauk pauk yang tahan lama dan lezat tentunya.

Menurut Yayasan Jantung Indonesia bagian dari tanaman pisang ini mempunyai efek melancarkan sirkulasi darah dan sebagai antikoagulan yang mencegah penggumpalan darah. Banyak manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi jantung pisang. Selain itu, jantung pisang juga nikmat dijadikan dalam bentuk sederhana seperti lalapan dan disantap dengan sambal terasi.

2. Nasi Rasi

Nasi Rasi berasal dari singkatan Rasi yaitu beras singkong, rasi merupakan olahan dari ampas singkong. Perlu kita bahas sedikit mengenai kandungan dari singkong ini, yaitu dengan mengkonsumsi beras singkong akan lebih sehat, karena kandungan gula dalam singkong lebih rendah dari pada beras nasi.

Desa Cireundeu Leuwigajah, Cimahi Selatan merupakan salah satu masyarakat yang masih mengkonsumsi nasi rasi. Dalam kesehariannya masyarakat Cireundeu mengkonsumsi rasi. Pada awalnya masyarakat Cireundeu juga mengkonsumsi beras nasi pada umumnya sebagai bahan pokok tetapi pada tahun 1918 masyarakat Cireundeu mulai kesulitan untuk mendapatkan beras sedangkan padi tidak tumbuh di daerah ini hingga pada tahun 1924 Omah Asnamah menemukan teknik pengolahan singkong yang dikenal yaitu nasi rasi sehingga pada tahun 1924 pula singkong mulai dibudidayakan di kampung Cireundeu.

3. Keripik Daun Singkong

Ada banyak bagian dari singkong yang dapat dimanfaatkan salah satunya daun singkong, di Cimahi ada salah satu olahan makanan yang menjadikan daun singkong sebagai bahan dasarnya tidak lain yaitu keripik daun singkong.

Buat kamu yang bosan dengan olahan daun singkong yang dijadikan sayur, kamu bisa mencicipi keripik daun singkong yang cocok dijadikan cemilan. Keripik daun singkong yang memiliki tekstur renyah dan garing ditambah rasa gurih membuat makanan ini cocok dijadikan sebagai buah tangan. Kandungan dari daun singkong yang baik untuk tubuh membuat makanan ini digemari dan banyak dicari.

4. Tahu Jegur

Tahu jegur atau jeletot guyur merupakan salah satu kuliner khas Cimahi, Jawa Barat. Yang memiliki rasa unik perpaduan antara rempah-rempah khas Indonesia. Berawal dari jajanan gerobakan yang dijual dipinggir jalan yang kemudian di inovasi menjadi jajanan instan kemasan. Berbahan dasar tahu dengan tambahan topping lainnya di guyur kuah jeletot perpaduan rasa asam manis pedas gurih, sangat cocok untuk kamu pecinta pedas, eits tapi tenang buat kamu yang ngak doyan pedas juga bisa mengkonsumsinya karena sambalnya terpisah dan bisa diatur sendiri level kepedasannya.

Itulah empat kuliner khas kota Cimahi yang Menjadi santapan wajib dicoba bagi warga masyarakat yang belum pernah merasakannya, Adapun selain keempat makanan tersebut sebetulnya Kota Cimahi masih banyak memiliki olahan kuliner dan jajanan menarik khas dari kota tentara tersebut.