Loading...

Launching Mal Pelayanan Publik Jadi Bukti Pembenahan Layanan Masyarakat di Kota Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 19 Desember 2022 1472 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Senin 28 November 2022 lalu menjadi salah satu tonggak sejarah baru dari proses pelayanan masyarakat di Kota Cimahi. Bagaimana tidak, kota yang berpenghuni sekitar 600 ribu jiwa tersebut akhirnya memiliki Mall Pelayanan Publik. (MPP).

MPP sendiri merupakan tempat terlaksananya kegiatan penyelenggara layanan publik baik barang ataupun jasa pada suatu tempat dalam rangka menyediakan pelayanan cepat,  mudah dan akuntabel.

Hal ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Daerah Kota Cimahi serius untuk terus meningkatkan pelayanan bagi warga masyarakat kota Cimahi khususnya, dalam berbagai aspek kebutuhan.

Sejak awal Mall Pelayanan Publik kota Cimahi memang dirancang agar dapat memenuhi harapan masyarakat,  termasuk di dalamnya terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana layanan publik yang memadai dan nyaman,  diantaranya ialah dengan memberikan kemudahan akses,  ketersediaan parkir,  fasilitas bagi anak dan ibu menyusui,  fasilitas bagi penyandang disabilitas bahkan hingga ke ruang tunggu yang nyaman telah terkonsep dengan cukup baik oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Proses dan mekanisme pelayanan yang terintegrasi juga menjadi salah satu tujuan dibuatnya Mall Pelayanan Publik,  hal ini tidak lepas dari Kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat cepat sehingga membuat sistem pelayanan publik saat ini harus cepat beradaptasi dengan keadaan guna memberikan fasilitas dan layanan terbaik bagi masyarakat.

Dibangun di lahan seluas 8.786 M² dengan luas bangunan sebesar 8.934 M², Mall Pelayanan Publik kota Cimahi memiliki 39 stand layanan, mencakup kependudukan, pelayanan perpajakan,  layanan imigrasi hingga pelayanan Kecamatan yang ada di Mall Pelayanan Publik ke-11 di Povinsi Jawa Barat tersebut.

Namun dengan telah beroperasinya Mall Pelayanan Publik di Kota Cimahi bukan berarti Pemerintah Daerah telah berpuas diri,  Pemerintah Daerah Kota Cimahi harus terus mampu meningkatkan kualitas pelayanan kualitas sumber daya manusia hingga penerapan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan zaman sehingga kedepannya warga masyarakat kota Cimahi merasa nyaman dan puas akan layanan yang telah diberikan.

Hal ini juga Senada dengan target dari pemerintah pusat yaitu menciptakan Good Government, Service Excellent pada setiap sektor Lini pemerintahan