Loading...

Kolaborasi Pemkot Cimahi Dalam Hadapi Musim Penghujan di Awal Tahun 2024

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 18 Januari 2024 2444 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Musim penghujan yang saat ini tengah terjadi di beberapa wilayah tidak terkecuali di Kota Cimahi, membuat genangan air ataupun banjir bisa terjadi di kota Cimahi

Hal ini membuat Pemerintah Daerah Kota Cimahi terus berupaya untuk melakukan pencegahan, mitigasi hingga penanganan kebencanaan khususnya banjir.

PJ Wali Kota Cimahi Dicky Saromi telah melakukan berbagai macam upaya termasuk koordinasi mengenai penanganan banjir di kota Cimahi beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya penanganan banjir yang cepat efektif dan efisien serta pengedukasian melalui mitigasi bencana

Rapat penanganan banjir di kota Cimahi tersebut dihadiri oleh sekretaris Daerah hingga para pimpinan organisasi perangkat daerah yang berada di Kota Cimahi.

Dengan digelarnya rapat koordinasi yang melibatkan lintas perangkat daerah dapat menemukan solusi terbaik untuk penanganan banjir di kota Cimahi.

Selain itu Pj Wali Kota Cimahi, juga bersama tim gabungan dari Polres, DPKP, PUPR, dan BPBD meninjau langsung pengerukan saluran air di beberapa titik di Kota Cimahi seperti, Jalan Amir Machmud, Jalan Encep Kartawiria depan SGO, dan di jalan Cipanawar Kelurahan Cipageran, Kota Cimahi.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk meminimalisir dampak genangan air hingga banjir yang melanda Kota Cimahi terutama di titik-titik rawan banjir, Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi, melakukan peninjauan langsung terhadap proses pengerukan saluran air atau drainase di berbagai lokasi.

“Penanganan secara struktural dan non struktural yang harus kita lakukan meskipun masih membutuhkan waktu, ada non struktural yang di jangka pendek, jadi beberapa saluran akan kami normalisasi diantaranya saluran-saluran di jalan, maupun juga saluran-saluran lainnya akan kita lakukan normalisasi dan di benarkan kembali,” ujarnya.

Secara struktural kemudian kita akan melakukan tembok menahan, ada beberapa di tebing-tebing sungai yang sudah kita mulai dari desainnya, kita lakukan nanti dengan BBWS dan juga dengan badan pengelola cekungan Bandung untuk penanganan anak-anak Sungai Citarum agar program ini dilanjutkan, karena Cimahi sendiri sudah melanjutkan, seperti pembebasan lahan yang di Cigugur dan seterusnya, ini adalah bentuk bahwa kami untuk siap untuk melakukan normalisasi sungai-sungai.