Loading...

Berkurban Menjadi Semangat Berbagi Di Momen Idul Adha

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 22 Juni 2024 911 kali dilihat
Bagikan:
Berkurban Menjadi Semangat Berbagi Di Momen Idul Adha

CIMAHI.- Perayaan Idul Adha menjadi  momentum mengenang peristiwa agung, kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, yang dengan ikhlas melaksanakan perintah Allah SWT. Berkurban bukan sekadar ritual, tetapi harus mampu menggugah hati dan perasaan, menghargai nilai-nilai kemanusiaan yang tersirat di balik pelaksanaannya.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan pada pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 Hijriyah di Masjid Agung Cimahi Jalan Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi.
"Fenomena aktual berqurban mempunyai makna yang bernilai mulia. Dengan semangat 'idul qurban, mari kita tingkatkan keshalehan sosial di Kota Cimahi, tebarkan kasih sayang, bangun toleransi dan kebersamaan, kita makmurkan kepedulian terhadap fakir miskin dan kaum dhu'afa serta arif terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan," ujarnya.

Melalui peringatan Idul Adha 1445 Hijriyah, dihidupkan semangat berqurban, semangat berbagi, semangat saling melengkapi kekurangan masing-masing. "Dengan ini InsyaAllah kita yakin berbagai masalah yang timbul akan segera dapat teratasi," katanya.

Melalui kebersamaan pada peringatan Idul Adha, diharapkan mampu meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian sosial juga ekonomi. "Kualitas kesalehan sosial warga muslim Kota Cimahi juga saya harapkan dapat terus meningkat semakin baik dengan cara menebarkan kasih sayang, toleransi, kebersamaan serta ketaatan kepada Sang Pencipta, meningkatnya kepedulian sosial terhadap fakir miskin, meningkatnya kearifan terhadap lingkungan alam sekitar, serta semakin eratnya rasa persaudaraan dan persatuan, yang kesemuanya merupakan modal sosial yang berharga bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kota Cimahi ke depan," jelasnya.*