Loading...

100 Guru Mengaji Dilatih Cara Mengajar Al-Quran

Rano Hardiana 17 Juli 2024 1173 kali dilihat
Bagikan:
100 Guru Mengaji Dilatih Cara Mengajar Al-Quran
CIMAHI.- Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cimahi menggelar pelatihan peningkatan wawasan kepada para pengajar Al Qur'an di Ballroom Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi Jalan Aruman Kota Cimahi, Selasa (16/7/2024). Pelatihan tersebut menjadi upaya peningkatan wawasan dan kualitas para asatidz dalam memperdalam cara dan teknik mengajar Al-quran kepada para peserta didik, santriwan dan santriwati di Kota Cimahi.

Pelakana Tugas (Plt.) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Totong Solehudin mengatakan, guru mengaji memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak-anak dan masyarakat. "Mereka tidak hanya bertanggung jawab atas pengajaran materi agama, tetapi juga berperan sebagai mentor, mereka memberikan motivasi, inspirasi, dan bimbingan spiritual kepada anak-anak," ujarnya.

Tujuan utama kegiatan mengaji adalah mendidik jiwa dan akhlak anak supaya sesuai dengan sifatsifat keutamaan seperti yang diajarkan dalam AlQur'an.  "Tentu peningkatan wawasan bagi para guru mengaji ini menjadi sangat strategis. Pedoman hidup warga muslim secara keyakinan sepenuhnya adalah Qur'an dan Sunnah, para guru mengaji ini yang akan membantu dan membimbing masyarakat belajar dan memahami Al-Qur'an," ungkapnya.

Totong berharap dengan semakin meningkatkan wawasan serta keilmuan al-quran guru ngaji dapat menghasilkan sumber daya manusia yang agamis, cerdas, kreatif, inovatif, sholeh juga sholehah. "Hal ini mendukung upaya menuju Indonesia Emas di tahun 2045 dengan cara membangun generasi emas mulai dari sekarang," tegasnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cimahi  Sugeng Budiono menyampaikan, kegiatan pelatihan diikuti para guru ngaji dari 15 Kelurahan,  pengajar Alqur,an dari FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah), pengajar Alqur,an dari Lembaga FKPQ (Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur,an) dan pengajar Alqur,an dari unsur ormas islam yang ada di Kota Cimahi yang seluruhnya berjumlah 100 orang. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut Ustadz Abu Rabbani dari Lembaga Demam Al-Qur'an. 

"Yang kita sampaikan kepada guru ngaji tentang cara mudah untuk membaca Al-Qur'an," jelasnya.**