Loading...

Launching Kolaborasi Puskesmas Dengan Fasilitas Kesehatan Jejaring Kode Satu Jari

Akbar 02 September 2024 1435 kali dilihat
Bagikan:
Launching Kolaborasi Puskesmas Dengan Fasilitas Kesehatan Jejaring  Kode Satu Jari

CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyelenggarakan Launching Kolaborasi Puskesmas dengan Fasilitas Kesehatan Jejaring (Kode Satu Jari) yang dirangkaikan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Kesehatan Masyarakat (Rakor Kesmas) di Hotel Mason Pine Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bapelitbangda Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama, S.T.,M.M. dan dihadiri oleh tamu undangan yang berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Kepala BPJS Kesehatan, IDI, Asklin, Perwakilan Kecamatan, Kelurahan, Kepala Puskesmas, PKK serta mitra-mitra yang berkontribusi dalam program penanggulangan penyakit prioritas.

Kegiatan Penguatan Kolaborasi antara Puskesmas, Klinik Pratama, dan TPMD dalam Pelayanan Program Prioritas adalah Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dalam upaya pelayanan program prioritas. Program prioritas ini dapat mencakup pembinaan, tatalaksana penyakit, dan pencatatan pelaporan program kesehatan.

Penguatan pelayanan kesehatan primer telah menjadi arah kebijakan pembangunan kesehatan nasional. Pelayanan kesehatan primer yang kuat diharapkan mampu menopang berbagai upaya untuk mengatasi masalah kesehatan saat ini dan dimasa mendatang. Penguatan pelayanan kesehatan primer termasuk dalam Transformasi Sistem Kesehatan, yang tercantum pada pilar pertama yakni Transformasi Layanan Primer. Salah satu sasaran strategis Transformasi Layanan Primer adalah penguatan tata kelola manajemen pelayanan dan kolaborasi publik-swasta.

Dalam sistem jejaring pelayanan kesehatan, sektor swasta khususnya FKTP selain puskesmas merupakan bagian dari struktur jejaring berbasis wilayah administratif yang diperlukan untuk memastikan tersedianya pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. dengan demikian, program pemerintah yang selama ini terpusat di puskesmas dapat dilaksanakan secara terintegrasi dengan melibatkan FKTP swasta sebagai struktur jejaring.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Dr. Mulyati S.Kep.Ners, M.Kes menyampaikan bahwa Kota Cimahi memiliki 13 Puskesmas, 45 Klinik Pratama dan 129 Tempat Praktek Mandiri Dokter (TPMD). Adapun Klinik Pratama dan TPMD yang sudah bekerja sama dalam pelayanan program prioritas (HT, DM dan TB) sebanyak  20 Klinik/TPMD. Peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik agar klinik dan TPMD dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam penguatan pelayanan kesehatan primer melalui kolaborasi dan integrasi pelayanan program prioritas dalam meningkatkan capaian Indeks Keluarga Sehat (IKS) dan Standar Pelayanan Minimal di Kota Cimahi. Dengan diimplementasikannya Kolaborasi Puskesmas dengan Fasilitas Kesehatan Jejaring (Kode Satu Jari) diharapkan, seluruh FKTP swasta dapat berkolaborasi dengan puskesmas dalam memberikan pelayanan program prioritas.