Loading...

Akhir Riwayat Ribuan Knalpot Bising Dimusnahkan Polres Cimahi

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 21 Maret 2023 2198 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Ribuan knalpot brong atau knalpot bising hasil razia anggota Satlantas Polres Cimahi di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dimusnahkan di Halaman Gedung BKPB Mapolres Cimahi, Pada Pertengahan Maret 2023 ini.

Knalpot tersebut dimusnahkan secara simbolis dengan menggunakan gerinda, kemudian sisanya digilas dua alat berat, lalu semua knalpot yang sudah dalam kondisi hancur tersebut langsung dikubur.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan, knalpot bising yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil razia selama tiga bulan karena penggunaan knalpot bising itu kerap meresahkan masyarakat baik di jalan maupun di permukiman.

"Oleh karena itu kami berhasil menyita 1.173 knalpot bising atau brong dan hari ini kita musnahkan. Untuk pengendaranya dikenakan sanksi tilang ETLE," ujarnya seusai pemusnahan di Halaman Gedung BPKB Mapolres Cimahi.

Ia mengatakan, pemusnahan tersebut dilakukan agar ke depannya tidak ada lagi pengendara motor di wilayah Kota Cimahi dan KBB yang menggunakan knalpot bising.

"Kami mengimbau agar tidak ada lagi pengendara yang menggunakan knalpot brong, kami juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada home industri yang memproduksi dan tempat penjualan," kata Aldi.

Langkah tersebut, kata dia, dilakukan karena pihaknya ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat, sehingga pihaknya akan terus melakukan penindakan jika masih ada pengendara yang menggunakan knalpot bising.

"Untuk penindakan tidak sampai berhenti disini karena kami sudah memiliki pola dan langkah mitigasi. Jadi, akan kami giatkan di titik yang banyak pengendara pengguna knalpot bising," ucapnya.

Untuk ke depannya, kata Aldi, penindakan knalpot bising tersebut akan difokuskan di titik-titik yang dijadikan lokasi kegiatan Sunday Morning Ride (Sunmori) seperti di wilayah Lembang, KBB.

Selain itu pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pelajar di setiap sekolah, sehingga jika hal itu tidak dipatuhi, pihaknya memberikan tindakan preventif dengan cara langsung melakukan penyitaan knalpot bising di sekolah.

"Kami sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, baik itu Kota Cimahi maupun KBB dan kepala sekolah sepakat untuk dilakukan penyitaan karena kita sudah sosialisasi dan edukasi," ujar Aldi.