Loading...

Sistem Mitigasi Bencara Banjir - SMKN 2 Cimahi

Administrator 29 September 2016 365 kali dilihat
Bagikan:
Sistem Mitigasi Bencara Banjir - SMKN 2 Cimahi
SIMINA BANJIR dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang potensi terjadinya banjir berupa ketinggian air sungai kepada masyarakat secara real time. Perangkat SIMINA BANJIR dipasang pada kawasan hulu sungai yang menjadi indikator terjadinya banjir ke daerah hilir, ketinggian air dideteksi dengan menggunakan sensor tekanan udara, informasi ketinggian level air diolah secara kuantitatif dan kualitatif yang dapat diakses melalui SMS dan ditampilkan pada lampu sinyal yang dapat dilihat dari jarak jauh, akses SMS dapat dilakukan oleh siapa pun tanpa registrasi untuk mendapatkan informasi ketinggian air dengan mengirimkan kata “STATUS” dan dikirim ke nomor SIMINA BANJIR maka alat akan menjawab secara otomatis, atau pengguna dapat juga berlangganan dengan mengirimkan kata “REG SMKN2CMI” melalui SMS ke nomor SIMINA BANJIR, jika memory masih dapat menampung maka nomor akan dicatat oleh SIMINA BANJIR, jika sudah berlangganan setiap terjadi perubahan ketinggian air secara kualitatif maka pengguna akan diberi notifikasi secara otomatis. Pada kondisi kritis atau awas, alat akan menyalakan sirene untuk memperingatkan warga sekitar dan melakukan panggilan telepon ke nomor tertentu agar cepat direspons pengguna, selain itu alat ini juga dilengkapi dengan sistem pembangkit listrik tenaga surya untuk menanggulangi kegagalan jaringan listrik atau jika akan dipasang dikawasan yang belum ada listrik. Dengan mengetahui akan tingginya potensi banjir maka masyarakat dan para petugas terkait akan lebih waspada dan siap menghadapi bencana, dan jumlah korban dapat semakin ditekan.

Deksripsi Alat
SIMINA BANJIR pada dasarnya merupakan alat untuk mendeteksi ketinggian level zat cair seperti ketinggian level air sungai, danau, air laut, tandon air bahkah hingga minyak atau zat cair lain yang ingin dimonitor ketinggiannya. SIMINA BANJIR lebih difokuskan pada pemantauan ketinggian air yang dapat pemicu bencana seperti air sungai, air pada bendungan, air laut dan sejenisnya. Untuk mendeteksi ketinggian level air SIMINA BANJIR menggunakan sensor tekanan udara, sehingga sensor tidak perlu bersentuhan langsung dengan air sehingga lebih tahan terhadap gangguan dan karat. 

Sinyal keluaran sensor diolah oleh sistem mikrokontroler menjadi informasi ketinggian yang dapat dimengerti oleh manusia, hasil pengolahan berupa nilai kualitatif ketinggian dalam satuan metrik dan secara kualitatif dalam lima skala yaitu normal, waspada, awas, siaga, dan banjir yang selanjutnya disebut sebagai informasi keadaan. Informasi keadaan dapat diakses berdasarkan permintaan pengguna melalui layanan pesan singkat (SMS) pada jaringan GSM tanpa harus berlangganan, atau pengguna akan menerima pesan secara otomatis jika berlangganan layanan informasi keadaan, untuk dapat berlangganan pengguna harus mengirimkan permintaan berlanggan ke sistem SIMINA BANJIR melalui SMS pada jaringan GSM, jika permintaan terpenuhi maka SINIMA BANJIR akan mencatat nomor telepon pengguna tersebut dalam memory, dimana nantinya nomor tersebut akan selalu dikirim notifikasi pesan singkat (SMS) jika terjadi perubahan skala kualitatif ketinggian air. SIMINA BANJIR dapat melalukan panggilan telepon ke nomor tertentu jika terjadi kondisi kritis berkaitan potensi bencana yang dipantau, nomor tersebut harus diset oleh teknisi SINIMA BAJIR. Selain melalui notifikasi pesan singkat informasi keadaan secara kualitatif juga ditampilkan melalui lampu indikator,  lampu indikator dipasang dalam wadah kotak plastik kedap air kemudian kotak tersebut dipasang pada menara dengan ketinggian yang dapat dilihat pada jarak ratusan meter, pada menara tersebut juga dipasang sirene sehingga saat titik kritis menjelang bencana sirene tersebut akan berbunyi dan memperingatkan masyarakat.

Sebagai sumber daya utama SIMINA BANJIR menggunakan jaringan listrik umum, namun demikian SIMINA BANJIR juga dilengkapi dengan sistem pembangkit listrik tenaga matahari, sehingga dapat mengatasi masalah suplai listrik  jika terjadi kegagalan jaringan listrik umum atau jika SIMINA BANJIR akan dipasang pada kawasan yang belum terdapat jaringan listrik umum.