Loading...

Tingkatkan Kepedulian Para Suami Terhadap Keluarga Pemkot Cimahi Sosialisasikan Program Suami Peduli Keluarga

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 17 November 2023 2011 kali dilihat
Bagikan:
Tingkatkan Kepedulian Para Suami Terhadap Keluarga  Pemkot Cimahi Sosialisasikan Program Suami Peduli Keluarga

CIMAHI - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mental keluarga dengan cara meningkatkan pemahaman dan kepedulian para suami terhadap istri dan anak dalam keluarga, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan Program Laki-Laki Menunjang Pemberdayaan Perempuan (Suami Peduli Keluarga), bertempat di Aula Gedung A Kantor Pemkot Cimahi, Jumat (17/11).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  DP3AP2KB Kota Cimahi Ida Farida Agustini dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dihadiri oleh 80 orang terdiri dari para laki-laki atau suami perwakilan dari masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian para suami terhadap istri dan anak di dalam keluarga, memberikan wawasan keseimbangan peran antara tugas suami dan istri di dalam rumah tangga sehingga akan tercipta keluarga berkualitas, sejahtera, sehat, dan harmonis.

Sementara Kepala DP3AP2KB Kota Cimahi, Fitriani Manan dalam sambutannya menjelaskan peranan laki-laki atau suami dalam rumah tangga bukan hanya sebatas dalam memberi nafkah saja, “Suami yang peduli terhadap keluarga adalah sosok yang memprioritaskan kebutuhan, kebahagiaan dan kesejahteraan keluarganya. Tidak hanya fokus pada kebutuhan materi, tetapi juga emosional dan psikologis dari setiap anggota keluarga,” tuturnya.

Fitriani menyebutkan kurangnya peran suami dalam rumah tangga terutama pasca ibu melahirkan bayinya menyebabkan banyak perempuan yang mengalami depresi pasca persalinan atau baby blues.

“Kehadiran seorang suami yang peduli terhadap keluarga sangat penting terutama pendampingan suami terhadap istri yang sedang hamil atau yang baru melahirkan karena masa kehamilan dan masa pasca persalinan merupakan periode yang memerlukan perhatian dan dukungan ekstra,” sebut Fitriani lagi.

Beberapa hal yang disebut Fitriani dapat dilakukan para suami untuk istrinya di antaranya adalah dengan menjadi pendengar yang baik, siap mendengarkan perasaan, kekhawatiran dan harapan setiap anggota keluarga, berpartisipasi dalam tugas rumah tangga dan pemenuhan kebutuhan keluarga, serta memberikan dukungan emosional, moral, motivasi dan kepercayaan kepada anggota keluarga dalam menghadapi tantangan dan rintangan. Dengan menerapkan hal-hal tersebut di keluarga diharapkan akan tercipata lingkungan keluarga yang aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Fitriani menyebutkan program ini akan dilakukan secara bertahap, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Cimahi lalu akan disebarkan pada seluruh masyarakat di Kota Cimahi. Sehingga diharapkan melalui program Suami Peduli Keluarga ini akan menimbulkan dampak yang positif terhadap keberlangsungan rumah tangga yang harmonis dan berkualitas serta mampu meningkatkan keahlian para suami dalam mensejahterakan istri dan anaknya.

“Diharapkan semua suami atau laki-laki lebih peduli pada istri dan keluarganya sehingga terbentuk keluarga yang harmonis, semua anggota keluarga merasa nyaman dan Sejahtera,” harap Fitriani saat diwawancarai awak media.***